Thursday, February 27th 2020.

Penjelasan Singkat Mengenai Chipset Pada Motherboard

Penjelasan Singkat Mengenai Chipset

Motherboard adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai induk dan menyambungkan seluruh komponen bagian-bagian CPU menjadi satu kesatuan sistem komputer. Motherboard memiliki bentuk seperti papan PCB yang biasa digunakan untuk keperluan perangkat elektronik, dan dimana di dalamnya terdapat banyak socket untuk menghubungkan keseluruhan komponen komputer.

Pengertian Chipset pada Motherboard

Chipset yang ada pada motherboard mempunyai fungsi utama yaitu mengontrol proses input dan juga output pada motherboard. Jika chipset motherboard mengalami kerusakan , maka motherboard dan juga seluruh perangkat komputer tidak akan bekerja dengan normal dan optimal. Selain itu, chipset pada motherboard memiliki fungsi untuk mengatur arus data dari satu komponen menuju ke komponen lainnya, yang terhubung dalam sistem komputer.

Fungsi Chipset

Ketika komputer menyala, maka Processor akan menyala dan juga bekerja. Ketika processor mulai bekerja, maka  harddisk (HDD) akan melakukan loading operasi sistem, dan membutuhkan kapasitas RAM untuk melakukan proses booting. Disinilah chipset bekerja. Chipset akan mengatur jalur data, sehingga sebuah komputer dapat bekerja dengan optimal.

Motherboard sendiri sebagai perangkat keras utama dalam sebuah komputer yang bekerja untuk semua komponen dalam sebuah komputer untuk saling terkait satu dengan yang lainnya. Untuk itu user paling tidak harus menjaga perangkat komputer mereka agar tidak mudah rusak, terlebih mengetahui apa saja ciri-ciri motherboard rusak, sehingga dapat mengatasi dan mengetahui secara tepat.

Jenis-jenis Chipset pada Motherboard

1. Chipset Northbridge

Penjelasan Singkat Mengenai Chipset

Chipset Northbridge atau nama lainnya MCH yaitu kependekan dari Memory Controller Hub. Chipset Northbridge ini mempunyai tugas dan juga fungsi penting di dalam motherboard. Berikut adalah fungsi dari Chipset Northbridge:

– Mengendalikan komunikasi yang terjalin antara CPU, RAM, PCI Express, dan Southbridge.
– Dapat melakukan kontrol terhadap video.
– Chipset Northbridge memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan tipe, jumlah dan juga kecepatan dari suatu Processor yang dihubungkan ke dalam motherboard.
– Northbridge menghubungkan CPU ke sistem memory dan juga sistem graphic controler melalui serial bus yang berkecepatan tinggi.

2. Chipset Southbridge

Penjelasan Singkat Mengenai Chipset

Chipset Southbridge adalah chipset yang berhubungan dengan peripheral melalui jalur penghubung. Fungsi chipset southbridge adalah melakukan pengaturan pada bus IDE, USB, dan juga PnP.

Selain itu, chipset southbridge ini juga memilki fungsi lainnya, yaitu sebagai pengontrol perangkat seperti keyboard, mouse dan juga power management pada motherboard. Sehingga apabila komputer kalian mengalami kendala pada power management, maka kemungkinan chipset southbridge pada komputer kalian mengalami kerusakan.

Nah, itu dia pembahasan kita kali ini mengenai Pengertian, Fungsi, dan Jenis Chipset pada motherboard. Semoga Bermanfaat untuk anda dan Terima Kasih sudah berkunjung!

Penjelasan Singkat Mengenai Chipset

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 13.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 3.500.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage