Monday, December 19th 2022.

Pentingnya Menjaga Data Pribadi

Ilustrasi Pentingnya Menjaga Data Pribadi

Identitas di masa sekarang sudah tidak dapat lepas dari pegangan karena pentingnya menjaga data pribadi dari pihak yang merugikan. Kita senantiasa terikat dengan identitas yang terus beriringan dengan tumbuh kembang kita sebagai manusia, sehingga menjaganya diperlukan. Ada banyak hal yang patut diperhatikan dalam penjagaan privasi yang kita miliki, termasuk identitas sebagai bagian di dalamnya. Di masa sekarang, sebuah identitas bisa ditukar sebagai mata uang tersendiri bagi mereka yang memiliki kepentingan. Pemerintahan misalnya, mereka memerlukan identitas warga negaranya sebagai verifikasi bahwa sekelompok orang merupakan bagian di dalamnya. Namun, bagaimana jika identitas menjadi sebuah upaya lain yang dilakukan secara kriminal?

Tentu hal tersebut tidak bisa dinormalisasi. Identitas seseorang bisa dijual sehingga bisa diperah keuntungannya dengan cara yang tidak berperikemanusiaan. Menjadikannya sebagai sebuah tindakan pelanggaran hak seseorang membuat identitas dan pelaku kejahatannya menjadi sasaran kepolisian di masa digital seperti sekarang. Identitas menjadi peranan penting sebab seseorang sudah memilikinya sedari ia terlahir di dunia. Tindakan pencurian identitas ini sangat disayangkan karena seseorang bisa dicuri identitasnya untuk keperluan kriminal yang tentunya tanpa izin dan bersifat merugikan.

 

Identitas dan Kriminalitas

Identitas yang sudah terlekat pada seseorang seperti nomor KTP, alamat, bahkan sampai nomor telepon sudah menjadi keharusan untuk dilindungi. Dengan demikian diperlukan pula nalar yang sadar dan mengelola kebijakan dalam pengelolaan data pribadi. Kita perlu memepertanyaakan keperluan apakah data yang kita pergunakan, sehingga bisa menghindari tindakan yang tidak mengenakan untuk dilakukan. Identitas sudah menjadi sebuah harta berharga yang tidak boleh dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Berkesadaran secara sehat dengan tindakan apa yang kita gunakan memungkinkan kita bisa dengan bijak mengelola identitas yang kita miliki.

Sudah menjadi tugas kita sendiri untuk menjaga identitas dengan sangat baik karena privasi merupakan sebuah kunci berharga untuk keamanan dan keselamatan di masa sekarang. Sehingga, diperlukan pula pendidikan mengenai hal ini dari keluarga dan lingkungan setempat.

 

Kontak Kami

View larger map kios barcode

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 675.000
Rp 4.800.000
Rp 700.000
Rp 650.000
Rp 7.500.000
Rp (Hubungi CS)