Thursday, January 27th 2022.

Perbedaan Fingerprint dan RFID

Anda pasti kenal dengan sistem-sistem mesin identifikasi yang sudah dibuat di dunia ini. Ada banyak ragam bentuk dan fungsinya, diantaranya adalah fingerptint dan RFID. Dua sistem ini memiliki fungsi yang sama yaitu mengidentifikasi suatu identitas seseorang. Hal ini menjadi kemajuan di bidang absensi yang semakin canggih karena pastinya dua sistem ini lebih aman dan efisien dipakai. Namun tentu saja meskipun memiliki fungsi yang sama, namun pengertian dan cara kerjanya berbeda. Perbedaan fingerprint dan RFID inilah yang membuat kedua sistem ini istimewa dan diminati oleh sebagian orang sesuai kebutuhannya. Lantas apasih perbedaanya? Langsung saja kita bahas selengkapnya.

Pengertian

Untuk fingerprint mungkin sebagian besar sudah tau ya. Sistem yang mendeteksi identitas kita dengan cara meng-scan sidik jari kita. Sedangkan RFID yang merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification, adalah proses identifikasi seseorang atau objek dengan menggunakan frekuensi transmisi radio. RFID menggunakan frekuensi radio untuk membaca informasi dari sebuah device kecil yang disebut transponder. Contoh media yang bisa dibaca RFID ialah barcode dan kartu magnetik seperti kartu ATM. Saat ini RFID sudah banyak digunakan di banyak bidang seperti perusahaan, rumah sakit dan hotel.

Cara Kerja

Sistem fingerprint memerlukan proses registrasi terlebih dahulu. Pada saat proses scan sidik jari data akan dimasukkan ke dalam sistem beserta identitas karyawan lainnya. Setelah proses registrasi, mesin dapat digunakan untuk absensi karyawan dengan cukup menempelkan jari yang digunakan pada saat registrasi pada layar scan. Data kehadiran dapat dilihat dengan menggunakan komputer. Sedangkan untuk RFID ini memanfaatan gelombang radio yang bisa digunakan untuk mengambil data tanpa bersentuhan. Sehingga membutuhkan paling tidak dua perangkat agar alat ini dapat berfungsi. Alat yang berfungsi dalam RFID ini yaitu tag dan reader, dimana tag merupakan kode dan reader merupakan pembaca dari kode tersebut.

Untuk kelebihan dan kekurangannya kurang lebih sama, yang membedakan hanya media scannya. Fingerprint menggunakan jari sedangkan RFID menggunakan semacam kartu untuk scan. Keduanya juga akan susah untuk meng-scan jika medianya kotor, jadir untuk fingerprint jika jarinya kotor dan RFID jika kartunya kotor. Dan tentu namanya mesin elektronik, sudah sepantasnya untuk sering digunakan agar performanya tetap bagus tanpa karat.

Itu dia beberapa perbedaan dari fingerprint dan RFID. Meskipun terdapat perbedaan, kedua sistem ini tetap bisa anda beli dan gunakan tergantung dari kebutuhan dan situasinya. Keduanya tetap menjadi primadona di dunia perusahaan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan mempermudah anda untuk pembelian entah fingerprint atau RFID. Sampai jumpa di artikel kiosbarcode selanjutnya

Contact us on :

Kios Barcode

Store:
Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 21.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.300.000
Rp 2.250.000
Rp 1.250.000
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage