Friday, May 5th 2023.

Printer Kartu: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Printer Kartu: Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Printer kartu adalah perangkat yang digunakan untuk mencetak informasi pada kartu plastik seperti kartu identitas, kartu keanggotaan, atau kartu hadiah. Perangkat ini sangat berguna bagi perusahaan, lembaga pendidikan, atau organisasi lainnya yang membutuhkan kartu dengan informasi yang dicetak secara khusus.

Cara kerja printer kartu

Printer kartu bekerja dengan cara mengubah data digital menjadi gambar pada kartu plastik. Data digital ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti basis data pelanggan, aplikasi perangkat lunak, atau file Excel. Printer kartu memiliki kepala pencetak khusus yang mampu mencetak pada permukaan kartu plastik dengan ketelitian dan kualitas yang tinggi.

Ada dua jenis teknologi pencetakan yang umum digunakan pada printer kartu: termal dan dye-sublimation. Pada teknologi pencetakan termal, printer mengaplikasikan panas pada lapisan termal pada kartu plastik untuk mencetak gambar. Sedangkan pada teknologi dye-sublimation, printer mencetak gambar pada kartu plastik dengan cara memanaskan tinta yang telah disublimasi pada kartu. Proses pencetakan dye-sublimation menghasilkan kualitas cetakan yang lebih tinggi dan lebih tahan lama daripada teknologi pencetakan termal.

Selain teknologi pencetakan, printer kartu juga dapat memprogram chip pada kartu untuk menyimpan data yang lebih detail, seperti data biometrik, nomor identitas, atau informasi lainnya yang diperlukan. Beberapa printer kartu bahkan dilengkapi dengan fitur encoding magnetik, yang dapat menulis data ke strip magnetik pada kartu.

Ada banyak pilihan printer kartu yang tersedia di pasaran, dari yang kecil dan portabel hingga yang besar dan industri. Beberapa printer kartu bahkan dilengkapi dengan fitur pencetakan dual-sided, sehingga dapat mencetak informasi pada kedua sisi kartu.

Proses pencetakan pada printer kartu sangat mudah dilakukan. Pertama-tama, pengguna memasukkan data yang akan dicetak pada kartu ke dalam perangkat printer melalui aplikasi perangkat lunak khusus. Setelah itu, kartu dimasukkan ke dalam printer dan proses pencetakan dimulai. Selama proses pencetakan, printer akan menggunakan kepala pencetak khusus untuk menempatkan gambar pada permukaan kartu.

Printer kartu memiliki banyak keuntungan bagi bisnis dan organisasi modern. Dengan penggunaan printer kartu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Selain itu, printer kartu juga memungkinkan perusahaan untuk mencetak kartu identitas, kartu keanggotaan, dan kartu hadiah dengan cepat dan mudah.

kesimpulannya

printer kartu merupakan perangkat yang sangat penting bagi bisnis dan organisasi yang membutuhkan kartu dengan informasi yang dicetak secara khusus. Ada banyak pilihan printer kartu yang tersedia di pasaran, dan proses pencetakan pada printer kartu sangat mudah dilakukan. Dengan penggunaan printer kartu, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Kontak Kami

Kunjungi laman sosial media kami!

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • cs 1– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • cs 2– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 4.900.000
Rp 1.000.000
Rp 7.600.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 700.000
Rp (Hubungi CS)