Thursday, January 5th 2023.

Privasi di Era Digital

Ilustrasi Privasi di Era Digital

Era digital saat ini telah membawa banyak kemudahan dan kecanggihan dalam kehidupan sehari-hari, lantas bagaimana cara menjaga keamanan privasi di era digital? Namun, dengan semua keuntungan yang didapat, ada juga risiko terhadap keamanan privasi di era digital ini. Menjaga keamanan privasi di masa sekarang sangat penting karena era digital saat ini memudahkan orang lain untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi kita. Tanpa keamanan privasi yang baik, informasi pribadi kita dapat dengan mudah terpapar dan disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Informasi pribadi yang terpapar dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang tidak baik, seperti penipuan, peretasan, atau bahkan penyiksaan. Selain itu, tanpa keamanan privasi yang baik, kita juga tidak dapat mengontrol bagaimana informasi pribadi kita digunakan oleh orang lain.

 

Hal yang Dapat Dilakukan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan privasi Anda di era digital:

  1. Gunakan sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun yang Anda miliki. Sandi yang kuat harus terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol, dan tidak boleh terlalu mudah ditebak oleh orang lain.
  2. Aktifkan fitur autentikasi dua faktor (2FA) pada akun-akun yang Anda miliki. Fitur ini akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon atau email Anda setiap kali Anda ingin masuk ke akun tersebut. sehingga membuat akun Anda lebih aman.
  3. Jangan memberikan informasi pribadi Anda kepada siapapun secara online, terutama jika Anda tidak yakin tentang kepercayaan dari pihak tersebut. Informasi pribadi seperti nomor telepon, alamat, dan tanggal lahir sangat penting dan harus dilindungi dengan baik.
  4. Gunakan perangkat lunak keamanan seperti firewall dan antivirus untuk melindungi perangkat Anda dari serangan malware dan virus.
  5. Gunakan aplikasi privasi atau peramban yang menawarkan fitur privasi yang lebih baik.
  6. Hati-hati dalam mengklik tautan atau membuka email dari sumber yang tidak dikenal. Banyak serangan cyber dilakukan melalui tautan atau email yang dikirimkan kepada pengguna secara tidak sengaja.
  7. Selalu pertimbangkan apakah Anda perlu memberikan informasi pribadi Anda kepada sebuah situs atau aplikasi. Jika tidak benar-benar perlu, sebaiknya jangan memberikannya.
  8. Jika Anda menggunakan jaringan WiFi publik, selalu pastikan untuk mengaktifkan enkripsi dan tidak mengirimkan informasi sensitif melalui jaringan tersebut.
  9. Jika Anda menggunakan layanan cloud storage, pastikan untuk menggunakan layanan yang terpercaya dan menawarkan fitur keamanan yang baik.

Dengan menjaga keamanan privasi, kita dapat memastikan bahwa informasi pribadi kita hanya akan digunakan dengan cara yang diinginkan dan tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, menjaga keamanan privasi juga dapat membantu kita merasa lebih nyaman dan aman dalam menggunakan internet dan layanan digital lainnya.

 

Kontak Kami

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp 2.600.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.500
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.750.000