Monday, December 28th 2020.

Punya Barcode Scanner Begini Tips Merawatnya

Punya Barcode Scanner Begini Tips Merawatnya

Tips Merawat Barcode Scanner

Tips Merawat Barcode Scanner

Definisi

Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk menyalin gambar dari media kertas ke file, yang nantinya dapat disalin atau diedit dengan mudah.

Bagian dan Jenis Barcode Scanner

Pada scanner terdapat beberapa bagian dengan fungsi yang berbeda-beda, diantaranya adalah bagian kaca pemindai, bagian tombol kontrol dan bagian penutup. Menurut jenisnya, scanner ada dua jenis, yaitu scanner alas datar dan scanner genggam. Perbedaannya, papan Bed Scanner merupakan alat pemindai yang digunakan dengan menempatkan kertas (benda) yang akan dipindai di antara penutup dan lensa. Pemindai jenis ini banyak digunakan di perkantoran karena memindai lebih cepat dan lebih efisien. Sedangkan jenis scanner genggam yang kedua adalah handheld scanner (pemindai kode batang) yang banyak digunakan di supermarket untuk memindai harga komoditas. Oleh karena itu, karena fungsi pemindai ini juga berbeda, maka metode pemeliharaannya juga berbeda.

Tips Merawat Barcode Scanner

Selama Anda mengetahui fungsi dari setiap bagian pada pemindai kode batang, Anda dapat merawat sendiri pemindai kode batang tersebut. Merawat pemindai sangat penting, karena dengan menjaga, kinerja pemindai akan bekerja dengan baik. Masalah yang disebabkan biasanya karena jarangnya perawatan pemindai termasuk gambar yang dihasilkan tidak jelas. Hasil pemindaian tidak teratur, atau, yang paling parah, pemindai tidak dapat beroperasi secara normal karena kerusakan. Apalagi jika Anda membutuhkan scanner untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, maka scanner yang tidak berfungsi dengan baik tentunya akan mengganggu Anda. Oleh karena itu, kita dapat melakukan ini atau merawat sendiri pemindai tersebut, terutama di waktu senggang, hanya dengan mengetahui beberapa fungsi dan cara membersihkan komponen pada pemindai.

Berikut beberapa langkah tentang cara merawat pemindai yang benar.

  • Bersihkan Permukaan Kaca Pemindai

Jika ingin membersihkan bagian ini, harap gunakan kain pembersih dengan bahan microfiber dan permukaan yang halus, agar serat tidak tertinggal atau menempel pada kaca pemindai. Saat memindai materi dari majalah atau buku tebal, jangan gunakan penutup pemindai atau menutup dengan paksa. Jika ditutup secara paksa, maka dapat menyebabkan engsel penutup pemindai kendor atau bahkan rusak.

  • Bersihkan Debu Di Bagian Dalam Pemindai

Tentunya untuk membersihkan bagian dalam pemindai, kita harus membongkar pemindai lalu memasangnya kembali ke posisi semula. Masalah yang umum terjadi adalah adanya debu atau kotoran dalam waktu lama, yang menyebabkan debu menumpuk dan mengganggu pengoperasian pemindai. Jika tidak digunakan, akan menyebabkan goresan pada alat pemindai, yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Karenanya, dengan bantuan sedikit cairan pembersih (alkohol), gunakan kapas atau kain lembut untuk membersihkan bagian dalam pemindai.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.950.000
Rp 12.000.000
Rp 26.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.450.000
Rp 4.500.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage