Wednesday, July 5th 2023.

Sejarah Bagaimana Kita Bisa Mengenal Scanner Barcode

 

Berikut Sejarah Dan Fungsi Barcode

 

Scanner barcode telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia perdagangan modern. Mereka membantu mempercepat proses penjualan, mengelola inventaris, dan memberikan keakuratan data yang tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa scanner barcode memiliki sejarah panjang yang dimulai beberapa dekade yang lalu?

 

Sejarah Awal Dari Barcode Scanner

Sejarah Scanner Barcode: Perkembangan Teknologi dalam Dunia Pemindaian

Scanner barcode telah menjadi bagian tak terpisahkan dari dunia perdagangan modern. Mereka membantu mempercepat proses penjualan, mengelola inventaris, dan memberikan keakuratan data yang tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa scanner barcode memiliki sejarah panjang yang dimulai beberapa dekade yang lalu?

Sejarah scanner barcode dimulai pada tahun 1948, ketika dua mahasiswa di Universitas Drexel, Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland, mengembangkan konsep awal untuk sistem pemindaian barcode. Mereka tertarik untuk menciptakan metode yang lebih efisien untuk mengumpulkan dan menyimpan informasi produk. Ide mereka terinspirasi oleh kode Morse, yang menggunakan garis-garis dan spasi untuk mengirim pesan.

Pada tahun 1952, Woodland berhasil mengembangkan barcode pertama, yang terdiri dari garis-garis vertikal. Namun, pada saat itu, teknologi komputer belum cukup maju untuk mengolah dan membaca barcode dengan cepat. Proses pemindaian masih membutuhkan waktu yang lama dan rumit.

 

Masuk Pada Jaman Modern Dari Barcode Scanner

Pada tahun 1970-an, teknologi pemindaian barcode mulai berkembang pesat. David J. Collins, seorang ilmuwan dari IBM, mengembangkan scanner barcode laser pertama yang praktis dan efisien. Scanner laser ini menggunakan teknologi cahaya untuk membaca kode-kode batang pada barcode dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada metode sebelumnya.

Pada tahun 1990-an, perkembangan teknologi pemindaian barcode semakin pesat. Alat ini semakin terjangkau dan mudah diakses oleh berbagai jenis bisnis. Teknologi wireless mulai diperkenalkan, memungkinkan scanner barcode untuk terhubung ke sistem komputer secara nirkabel.

Pada awal abad ke-21, dengan adopsi yang semakin luas dari teknologi barcode, scanner barcode semakin canggih dan multifungsi. Selain kemampuan dasar untuk memindai dan membaca barcode, scanner modern dapat mengintegrasikan data secara real-time dengan sistem inventaris dan manajemen penjualan.

Pada masa sekarang, kita melihat scanner barcode yang semakin inovatif, seperti scanner barcode portabel yang memungkinkan mobilitas dalam proses pemindaian dan scanner barcode 2D yang dapat membaca kode QR dan kode lainnya selain barcode tradisional.

 

Pastikan anda Membeli Peralatan Kiosbarcode di kiosbarkcode.com yang pasti Original dan sudah terpercaya

Jangan lupa cek Youtube Chanel Kami

 

Jalan Lingkar Utara Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan, RT.001/RW.011, Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17123

 

  • CS 1

-Telp/SMS/WA: 081369101014

  • CS 2

-Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.500.000
Rp 3.300.000
Mesin Kasir Touchscreen EDELWEISS Type B (Cafe & Resto)

6%

Rp 6.700.000 7.150.000
Rp 5.000.000
Rp 1.100.000
Mesin Kasir Camelia Paket C Resto & Cafe

6%

Rp 17.000.000 18.000.000