Wednesday, September 9th 2020.

Sejarah Teknologi Barcode dan Definisi Barcode

Sejarah Teknologi Barcode

Sejarah Teknologi BarcodeBarcode dapat diartikan sebagai sekumpulan kode yangg berbentuk garis-garis dan spasi, dimana masing-masing ketebalan setiap garis dan spasinya berbeda sesuai dengan isi kode tersebut. … fungsi dari barcode¬†yaitu sebagai sarana untuk mempermudah kita dalam menginput data dimana cara kerjanya input data otomatis.

Sejarah Teknologi Barcode

I.I Sejarah Barcode

Barcode pertama kali diperkenalkan oleh dua orang mahasiswa Drexel Institute of Technology,yakni Bernard Silver dan Norman Joseph Woodland di tahun 1948.Mereka mendaftarkan hak paten atas inovasi tersebut pada tahun 1949 dan dikabulkan pada tahun 1952. Namun demikian baru pada tahun 1996 penemuan mereka digunakan di dunia komersial. Pada kenyataanya penggunaan barcode tidak begitu sukses hingga pasca tahun 1980-an.

Namun demikian pada hari ini nyaris semua produk, mulai dari makanan, pakaian, hingga sabun mandi, langsung dilengkapi dengan barcode begitu masuk pusat perbelanjaan, mini market atau toko. Walter Satterthwaite, konsultan dari Masterfood, mengatakan bahwa keberadaan barcode telah membantu semua pusat perbelanjaan diseluruh dunia.

I.II Definisi Barcode

Ada banyak definisi barcode, tetapi semua definisi tersebut merujuk pada satu hal yang sama. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah ini.

1. Barcode secara harfiah berarti kode berbentuk garis.

2. sebagai kumpulan kode yang berbentuk garis, dimana masing-masing ketebalan setiap garis berbeda seusai dengan isi kodenya.

3. Informasi terbacakan mesing (machine readable) dalam format visual yang tercetak. Umumnya barcode berbentuk garis-garis vertikal tipis tebal yang terpisah oleh jarak tertentu.

4. Sejenisnya kode yang mewakili data atau informasi tertentu, biasanya jenis dan harga barang, seperti makanan dan buku. Kode berbentuk batangan balok dan berwarna hitam putih ini mengandung satu kumpulan kombinasi batang yang berlainan ukuran yang disusun sedemikian rupa. Kode ini dicetak diatas stiker atau di kotak pembungkus barang.

Sekian Artikel tentang Sejarah Teknologi Barcode dan Definisi Barcode, Semoga bermanfaat untuk kalian!

Terima Kasih!

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

 

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode
Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat lengkap : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Rp (Hubungi CS)
Rp 2.450.000
Rp 1.450.000
Rp 800.000
Rp 1.250.000
Rp 1.800.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage