(021) 8838 2929 0813-6910-1014 [email protected] 0813-6910-1014
(pcs)
Tuesday, November 19th 2019.

Tips Merawat Harddisk Laptop Agar Tetap Awet

Tips Merawat Harddisk Laptop

Bagaimana cara merawat Harddisk laptop/pc agar tetap awet? Sebelum masuk ke caranya, Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Harddisk laptop dan apa itu fungsinya.

Harddisk adalah suatu komponen perangkat keras pada komputer yang merupakan piranti penyimpanan sekunder, dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan logam yang disebut platter yang berputar secara terintegrasi.

Biasanya Harddisk berbentuk kotak dan didalamnya terdapat piringan sebagai tempat data yang disimpan, dan bersifat permanen untuk menyimpan data, meskipun kamu mematikannya. Kecuali data tersebut kamu hapus secara manual atau Harddisk terkena virus maka data tersebut akan hilang.

Harddisk juga memiliki fungsi, umumnya yaitu untuk menyimpan data secara permanen didalam seluruh sector yang terdapat didalam disk yang tersedia baik itu untuk read atau write.

Tips Merawat Harddisk Laptop

Cara Merawat Hard Disk laptop Agar Awet

Harddisk berbeda dengan RAM yang berguna untuk menyimpan data hanya untuk sementara. Maka kamu harus memiliki Harddisk untuk bisa memproses data. Bayangin saja jika laptopmu tidak memiliki Harddisk, maka kamu pun tidak bisa menyimpan data dan memprosesnya.

Nah, dilihat dari fungsinya, hard disk sangat berperan besar dari sebuah laptop/pc. karena itu kalian harus bisa merawat harddisk dengan baik. Bagaimana sih caranya ? berikut adalah cara-caranya :

Tips Merawat Harddisk Laptop

1. Matikan laptop/pc anda dengan prosedur yang benar

Tips Merawat Harddisk Laptop

Cara pertama untuk merawat harddisk laptop/pc supaya awet yaitu dengan mematikan laptop/pc kamu sesuai dengan prosedur yang benar. Memang hal mematikan laptop sangat terdengar sepele. Tetapi jika kamu tidak mematikan laptop dengan benar, maka akan membuat harddisk pada laptop/pc mu cepat rusak.

Bayangkan saja ketika laptop/pc kamu sedang menyala, harddisk pada laptop/pc juga bekerja. Dan saat kamu matikan laptop/pc secara mendadak, hal tersebut akan membuat harddisk tersiksa. Karena pada saat itu juga hard disk sedang memproses atau membaca data program.

Tips Merawat Harddisk Laptop

2. Jaga hardisk dari guncangan

Tips Merawat Harddisk Laptop

Hardisk merupakan komponen hardware yang didalamnya berisi lapisan cakram magnetik/piringan yang bisa berputar dengan kecepatang sangat tinggi misalnya 7200 putaran permenit (rpm) sehingga sangat ringkih sekali terhadap goncangan apalagi ketika laptop/pc masih hidup maka adanya benturan pada laptop bisa membuat lapisan cakram menjadi sobek/rusak, yang dinamakan dengan harddisk bad sector. Oleh karena itu hati-hatilah saat membawa laptop, jangan sampai laptop tertekan benda lain, terbentur atau bahkan terjatuh.

3. Jalankan Disk Cleanup

Tips Merawat Harddisk Laptop

Disk Clean up adalah tool bawaan Windows yang digunakan untuk membersihkan isi hardisk dari file-file yang sudah tidak berguna lagi atau sampah pada harddsik kamu, seperti misalnya temporary file, log file, dan file yang terdapat pada recycle bin. Untuk menjalankan disk cleanup ini caranya adalah:
Buka Windows Explorer – pilih harddisk yang mau dibersihkan – Klik Properties.
Klik Disk Cleanup – setelah jendela Disk Cleanup muncul, pilih file-file apa saja yang mau dibuang – Klik OK.

4. Defrag Hard disk

Tips Merawat Harddisk Laptop

Kamu harus melakukan fragmentasi pada harddisk. Mengapa? karena terlalu banyak data didalam harddisk akan membuat kemampuan hard disk menurun.

Untuk melakukan Defrag, kamu bisa memilih defrag bawaan dari Windows. Atau bisa juga menggunakan defragler, ultradefrag, dll. Dan sebelum melakukan defrag, kamu harus cek terlebih dahulu fragmentasinya jika sudah diatas Kalau sudah kamu bisa melakukan defrag.

dengan melakukan defrag hard disk kamu tidak cepat rusak karena data yang menumpuk terlalu banyak. Dan defrag juga berguna untuk meningkatkan proses pada read(baca) and write(tulis) hard disk.

5. Jangan Terlalu Banyak Menyimpan Data

Tips Merawat Harddisk Laptop

salah satu cara agar harddisk tetap awet adalah tidak terlalu banyak menyimpan data. baiknya kamu jangan menyimpan data terlalu banyak atau jangan sampai bar penyimpanan hard disk kamu sudah berwarna merah atau penuh.

Karna banyak menyimpan data di harddisk akan membuat harddisk bekerja secara ekstra. Maka dari itu jika kamu sangat membutuhkan untuk menyimpan data-data kamu, sebaiknya kamu membeli harddisk eksternal sebagai hardisk tambahan.

6. Selalu Perhatikan Suhu pada Hard disk

Tips Merawat Harddisk Laptop

Salah satu cara untuk merawat harddisk laptop agar awet yaitu dengan memperhatian suhu pada hard disk. Jaga hard disk tersebut agar suhunya tetap stabil dan tidak mengalami panas yang berlebihan.

Kamu dapat memonitori suhu pada PC menggunakan program seperti HDD Temperature, PC Wizard atau bisa juga menggunakan hardisk sentinel.

7. Bersihkan debu pada Hard disk

Kamu harus selalu membersihkan debu pada laptop/pc kamu. Karena dengan banyaknya debu pada laptop akan membuat kinerja prosessor ataupun hard disk akan melambat.

Dan debu yang menumpuk pada laptop juga berpotensi untuk membuat komponen tersebut rusak. Kamu dapat menggunakan jasa orang lain apabila kamu kesulitan untuk membersihkan debu pada laptop.

8. Jangan Menggunakan Partisi Yang Berlebihan

Biasanya harddisk memiliki kapasitas mulai dari 320 GB keatas. Dan kapasitas itu akan dibagi penyimpanannya atau biasa disebut dengan partisi. Contoh kecilnya yaitu pada partisi Disk C dikhususkan untuk system operasi, sedangkan pada Disk D khusus untuk data-data.

Nah, disarankan kamu tidak memiliki jumlah partisi yang banyak. Dan sebaiknya kamu membaginya menjadi 3 partisi saja, jika 2 partisi tersebut kurang. Yaitu kamu dapat membaginya seperti pada Disk C kamu khususkan untuk system operasi, Disk D untuk Data, dan Disk E untuk menyimpan program-program.

Memang menggunakan banyak partisi boleh-boleh saja, tetapi memiliki banyak pratisi akan membuat fragment hard disk terbagi-bagi dalam proses read and write-nya. Maka dari itu kamu dianjurkan untuk menggunakan maksimal 3 partisi saja.

9. Backup Hardisk secara berkala

Merawat hardisk tidak saja melakukan perawatan dari segi hardware atau fisiknya saja, tetapi merawat data-data yang terdapat didalamnnya juga termasuk cara merawat hardisk. cara untuk merawat data hardisk adalah dengan melakukan backup yang bertujuan untuk mendapatkan duplikat dari hardisk tersebut baik berupa data ataupun system operasi. Jadi apabila suatu saat terjadi kerusakan pada hardisk, maka kita bisa melakukan recovery secara cepat. Tentang cara melakukan backup hardisk ini akan dibahas pada srtikel khusus tentang cara backup dan recovery.

10. Gunakan Antivirus

Tips Merawat Harddisk Laptop

Banyak virus yang dapat membuat masalah pada hard disk kalian. karena itu kamu harus memasang antivirus untuk menjaga kesehatan dan keamanan pada hard disk.

Kamu dapat menggunakan antivirus bawaan dari Windows seperti Windows Defender, atau menggunakan antivirus lainnya.

Nah, itu dia tips merawat harddisk agar awet dan tahan lama. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kalian!

Terima Kasih.

Tips Merawat Harddisk Laptop

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode 

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

Rp 3.300.000
Rp 1.300.000
Rp 12.000.000
Rp 1.450.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 15.000.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage