Tuesday, April 28th 2020.

Tips merawat printer

tips merawat printer

tips merawat printer

Pada artikel kali ini kami akan membagikan tips bagaimana cara merawat printer dengan benar dan mudah. Mendengar kata printer memang sudah tidak asing lagi bukan. Yahh benar, karna printer dapat membantu pekerjaan kita. Tapi apakah kalian merawat printer tersebut dengan benar? maka itu kami akan membagikan tipsnya sebagai berikut.

  • Gunakan Printer dengan rutin

Printer yang digunakan secara rutin justru malah lebih awet dibanding printer yang jarang digunakan. Terutama printer inkjet, jika tidak digunakan sama sekali, hal ini bisa menyebaabkan tinta pada head cartridge menjadi kering, Selain itu, sebuah printer yang lama tidak digunakan bisa berakibat fatal bagi kondisi printer head. berkarat dan tinta yang mengering akan sulit dibersihkan jika sudah menempel pada printer head dalam waktu yang lama. Akibatnya, tinta tidak bisa keluar dengan maksimal, lubang di printer head sudah tertutup karat atau tinta yang kering.

tips merawat printer

  • Rutin membersihkan Printer

Kotoran yang masuk ke dalam tempat untuk menaruh kertas dan sudah menumpuk, bisa mengganjal kertas. Paling tidak, kotoran tersebut terbawa masuk & menempel pada printer head. Kondisi ini akan mengganggu kualitas cetak dan membuat printer head cepat rusak.

Karna itu, Membersihkan printer dari debu dan kotoran akan membuat printer menajdi lebih awet dan printer tidak mudah macet saat digunakan. Anda bisa membersihkan printer tanpa menunggu printer menjadi kotor atau berdebu.

  • Jangan memcetak secara Berlebihan

Printer head sejatinya punya batas waktu bekerja. Ketika Anda memaksa mencetak dalam jumlah banyak secara cepat, maka kondisi printer head pasti akan kelelahan. Inilah yang kemudian akan membuat kinerja printer menjadi menurun.

Sekalipun Anda memiliki pekerjaan yang harus dicetak cukup banyak, hindari printing terlalu banyak dalam waktu yang sama. Anda bisa mematikan printer sejenak setelah mencetak dokumen. Setelah beberapa saat, kalian bisa menggunakan printer kembali.

  • Jangan biarkan tinta Printer Kosong

Segeralah isi ulang tinta cartridge printer  jika tinta tersebut akan habis, jangan menunggu cartridge kosong. Tinta yang kosong bisa menimbulkan head cartridge menjadi tersumbat.

  • Gunakan tinta yang direkomendasikan

Gunakan tinta dari satu merek saja. Pemakaian tinta dari berbagai merek hanya akan membuat hasil cetakan menjadi tidak maksimal. Karena biasanya tingkat kepekatan warna dari setiap merek berbeda-beda. 

tinta yang tercampur akan membuat kinerja kartrid menjadi kurang optimal. Hasilnya, tentu saja warna pada cetakan tidak akan sempurna.

  • Lakukan Clean Head

Cara merawat printer berikutnya adalah rutin melakukan Clean Head (1-2 minggu sekali). Proses ini paling banyak dilakukan dalam merawat printer. Tujuannya agar head printer tidak tersumbat dan mampu menyerap tinta dengan baik. Untuk kemudian menyalurkannya ke atas kertas dengan maksimal.

  • Hindari penggunaan kertas yang berdebu dan kotor

Mengabaikan tips ini akan berakibat fatal pada roll penarik kertas, karena pada saat Anda menggunakan kertas yang berdebu dan kotor untuk mencetak, maka roll penarik kertas akan menjadi kotor. Jika ini terjadi maka lama kelamaan akan terjadi haus pada roll, yang berakibat kerusakan hingga tidak lagi berfungsi untuk menarik kertas.

  • Matikan printer dengan benar

Pastikan saat selesai menggunakan printer, Anda mematikan printer dengan benar. Matikan printer dengan menekan tombol power, jangan mencabut kabel power, karena hal ini menyebabkan posisi cartridge kembali ketempat asalnya. Hindari mematikan printer langsung pada stop kontak, hal ini bisa menyebabkan printer cepat rusak.

Demikian pembahasan kali ini, Semoga bermanfaat untuk anda yang belum tahu, terimakasih sudah berkunjung di blog kami, sampai ketemu di artikel selanjutnya.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com/tentang-kami

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,

Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp (Hubungi CS)
Rp 2.250.000
Rp 1.000.000
Rp 1.300.000
Rp 1.250.000
Rp 3.800.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage