Saturday, September 12th 2020.

Tips Merawat SSD Baik dan Benar

Sebelum masuk ke tipsnya alangkah baiknya kita tahu dulu apa itu SSD?

Tips Merawat SSD

SSD singkatan dari Solid State Drive atau Solid State Disk, adalah perangkat penyimpan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi. … Seperti USB Flash Drive atau flashdisk, SSD pun tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya.

Apabila kamu melakukan tips-tips dibawah ini,pastinya berguna untuk mengantisipasi kerusakan SSD dan membuat kinerja lebih cepat. Apabila berjalan normal semua pekerjaan dan tugas jadi lebih cepat selesai juga. Baiklah perhatikan point-point di bawah ini cara merawat SSD yang baik dan benar:

Tips Merawat SSD

1. Jangan Simpan File Besar

Tips Merawat SSD

Sebenarnya SSD ini cocok digunakan untuk menjalankan sebuah data daripada menyimpan data yang berat-berat. Apabila ini terus-menerus dilakukan akan membuat umur SSD semakin pendek, oleh sebab itu ada baiknya file yang memiliki ukuran besar untuk ditempatkan di HDD.

Tips Merawat SSD

2. Menggunakan HDD sebagai secondary storage

Tips Merawat SSD

Seperti penejelasan di atas, sebaiknya tidak hanya menggunakan SSD saja untuk penyimanan data. Setidaknya ketika menggunakan SSD tetap memasang HDD, SSD digunakan untuk file system operasi dan HDD menyimpan data berat seperti film, lagu, master program dll. Agar si SSD tidak cepat penuh.

3. Sisakan Space

Kalau satu ini sebenarnya tidak beda jauh dengan HDD, setidaknya kapasitas penyimpanan SSD kamu sisan 15% agar kinerja tetap optimal.

4. Hati-hati Ketika Kloning Data

Jadi ketika melakukan cloning HDD haruslah lebih berhati-hati, pastikan dulu apakah software yang kamu gunakan support penggunaan SSD.

5. Tidak Perlu Melakukan Defrag

HDD memiliki komponen sebuah piringan di dalamnya oleh sebab itu melakukan defrag secara rutin merupakan hal yang perlu dilakukan. Ini berbeda dengan SSD karena tidak menggunakan cakram jadi tidak perlu melakukan defrag, karena tidak akan berguna malah bisa memperlambat.

6. Menggunakan versi OS Terbaru

Gunakanlah OS versi terbaru karena apabila kamu memaksakan menggunakan model lama akan tidak support contohnya seperti windows XP dan Vista karena 2 OS tersebut sudah hadi sebelum SSD dating.

7. Upgrade RAM

Ketika OS berjalan pastinya membutuhkan kapasitas RAM yang mumpuni, oleh sebab itu sangat penting untuk meningkatkan memori agar dapat menjalankan program-program semakin nyaman.

Nah, itu dia cara merawat SSD agar awet dan tahan lama. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kalian! Terima kasih.

 

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

 

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode
Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat lengkap : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

 

Rp (Hubungi CS)
Software Restoran 3.0

33%

Rp 1.000.000 1.500.000
Rp (Hubungi CS)
best
Barcode Scanner Postronix 2D Pro

16%

Rp 2.950.000 3.500.000
Rp 21.000.000
Rp (Hubungi CS)
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage