Monday, April 3rd 2023.

VLAN (Virtual Local Area Network)

VLAN (Virtual Local Area Network)

 

 Pengertian VLAN

Virtual Local Area Network (VLAN) adalah sekumpulan perangkat yang ada di satu atau lebih jaringan LAN,  bisa juga diartikan mengelompokkan jaringan sesuai dengan kelompokknya dan berkomunikasi hanya dengan kelompoknya saja.

 Fungsi VLAN

1.Pengurangan Biaya VLAN berkomunikasi satu sama lain lewat  VLAN dan tidak memerlukan router kecuali bagi mereka yang mengirim data dari luar area ini. Biaya untuk pengelolaan data, di sisi lain saklar memiliki kemampuan lebih dikit ketimbang router yang menyebabkan kemacetan atau tabrakan jaringan.

2.  VLAN juga dapat membantu membuat beberapa jaringan layer 3 pada satu infrastruktur fisik. VLAN adalah lapisan tautan data (OSI layer 2), lapisan jaringan (OSI layer 3). Dalam lingkungan yang menggunakan VLAN, hubungan satu sering terjadi antara VLAN dan subnet IP, meskipun dimungkinkan untuk memiliki beberapa subnet pada satu VLAN.

3.  konfigurasi jaringan komputer fisik ke dalam sejumlah domain siaran. Meskipun domain siaran berbeda, jalur yang dihasilkan VLAN bisa melalui perangkat penghubung yang sama. Biasanya penyedia layanan fiber optic di Indonesia mengkonfigurasi VLAN dengan cisco atau mikrotik

 Tujuan VLAN

Virtual Local Area Network adalah kumpulan  jaringan yang berkomunikasi satu sama lain membentuk satu LAN (Local Area Network), Dalam pengertian teknis, segmen dipisahkan dari sisa LAN oleh router, atau switch, dikonfigurasikan oleh perangkat lunak sehingga dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya seolah-olah berada di saluran yang sama. VLAN juga jaringan sesuai dengan kelompokknya dan berkomunikasi hanya dengan kelompoknya saja.

Jenis – Jenis VLAN

– Port-Base VLAN

– Protocol Based VLAN

–  MAC Based VLAN

Kesimpulan

Virtual LAN (VLAN) adalah sebuah konsep dimana kita dapat membagi perangkat secara logis pada lapisan 2 (lapisan data link). Umumnya, perangkat layer 3 membagi domain dapat dibagi dengan switch menggunakan konsep Virtual Local Area Network

Demikian Artikel Tentang VLAN (Virtual Local Area Network)  semoga bermanfaat, Apabila ada yang kurang paham atau ada yang tidak sesuai mohon maaf.  Pastikan anda Membeli Peralatan kasir  di perangkatkasir.co.id yang pasti Original dan sudah terpercaya.

jangan lupa cek Youtube Channel kami:

KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko smart Market telaga mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara,bekasi 17123
Cs 1
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Cs 2
– Telp/SMS/WA: 081259417100

 

 

 

Rp 2.250.000
Rp 650.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 1.600.000
Rp 25.000
Rp 2.000.000