Wednesday, June 16th 2021.

8 Jenis Monitor PC

 

8 Jenis Monitor PC – Monitor dikenali sebagai piranti yang menggambarkan data dari computer. Monitor computer sendiri cukup bermacam. Perubahan tehnologinya memanglah tidak secepat CPU, gadget, atau hardware lain. Namun, monitor makin hari, makin memikat karena selalu ada dengan tehnologi baru. Ditambah sekarang ini, kadang tehnologi yang dipakai di TV.Nach, kesempatan ini saya akan mengulas soal beberapa jenis monitor. Apa macam-macam jeins monitor? Anda lekas saja baca pembicaraannya di bawah ini.

1. CRT


Monitor CRT (Cathode-Ray Tube) sebagai tipe monitor computer angkatan 80 sampai 2000-an. Dapat disebut, monitor ini ialah monitor di pertama kali yang banyak dikenali orang saat computer mulai datang ke pasaran. Saya pertama kalinya mengenali computer, menggunakan monitor type CRT.Monitor CRT mempunyai wujud kotak yang besar, lebar, dan memanjang ke belakang. Karena memiliki bentuk yang besar dan serupa tabung, monitor ini kerap disebutkan sebagai monitor tabung. Saya dahulu menyebutkan monitor ini sebagai monitor tabung karena lebih terkenal bila dibanding dengan penyebutan monitor CRT.Penyebutan monitor tabung pun tidak salah. Masalahnya dalam monitor CRT ada tabung yang hampa udara. Di tabung ini ada cahaya katoda atau elektron. Cahaya katoda ini dikeluarkan dengan kecepatan tinggi dan hasilkan refleksi elektron yang membuat skema di monitor.Cahaya katoda itu terus akan memantulkan monitor monitor dan bekerja sesuai dengan input yang disebut hasil alterasi digital ke gelombang elektromagnetik. Factor ini yang selanjutnya membuat monitor CRT mempunyai cahaya radiasi yang lumayan besar.Karena mempunyai cahaya radiasi yang lumayan besar, pemakaian monitor CRT benar-benar tidak dianjurkan. Tetapi memang jaman saat ini, sebagian besar computer tidak memakai CRT kembali walau ada banyak penjual yang jual monitor CRT sisa.

2. LCD


Monitor LCD (Liquid Crystal Display) ialah type monitor terpopuler dan ada banyak dipakai orang. Saat LCD datang, secara perlahan-lahan beberapa orang mulai tinggalkan monitor CRT dan berpindah ke monitor LCD. Juga dengan saya, yang sesudah berpindah ke LCD, rasanya tidak ingin kembali menggunakan monitor CRT, Ditambah karena CRT punya pengaruh pada mata.LCD sendiri sebagai type monitor yang tersusun dari cairan kristal. Cairan kristal ini tidak pancarkan sinar sendiri. Pada bagian belakang formasi cairan kristal, ada lampu neon putih yang memberinya sinar pada kristal-kristal itu. Berjumpanya sinar pada kristal-kristal itu menyebabkan kehadiran titik sinar atau pixel yang pasti banyaknya terang cukup banyak, yaitu sampai juta-an pixel. Kelompok pixel yang banyak ini akan mendatangkan pencitraan hingga ada gambar di monitor.LCD sendiri mempunyai kelebihan dengan kualitas gambarnya yang jernih dan tajam. LCD ini datang sebagai jalan keluar sebuah monitor yang lebih sehat ke mata serta lebih irit daya. Mahfum, monitor CRT ialah type monitor yang paling boros daya.Pada perubahannya, saya kerap mendapati jika LCD sendiri mempunyai beberapa tehnologi tergantung pada panel yang dipakai.

3. TFT


TFT (Thin-film Transistor) ialah type monitor yang lain yang cukup terkenal. Type monitor ini dapat disebut sebagai type monitor LCD yang diberi implikasi elemen lain. Maksudnya untuk mendatangkan gambar yang bisa ditransmisikan secara jelas dengan resolusi yang tinggi ataupun lebih mencukupi.Tehnologi pada TFT didasari pada program transistor untuk tiap-tiap pixel monitor. Dengan tehnologi ini, monitor memungkinkannya bekerja dengan pembesaran dan penerangan gambar yang semakin besar. Dapat disebut, TFT ialah sebuah tehnologi monitor menyatukan kristal cair dengan kekuatan mendatangkan gambar memiliki resolusi tinggi.

4. LED


LED (Light-emitting diode) ialah type monitor hasil pembaruan dari LCD. Type monitor ini datang dengan kualitas visual dan warna yang semakin banyak bila dibanding LCD. Disamping itu, LED 70% lebih irit daya dibanding LCD.LED berasa lebih spesial karena mempunyai kerapatan piksel yang  lebih tajam. Monitor LED condong lebih tahan lama bila dibanding dengan pemakaian LCD. Disamping itu, monitor LED mempunyai ukuran yang lebih tipis bila dibanding dengan monitor LCD. Tetapi terang, harga monitor LED tambah mahal dibanding LCD.

5. DLP Monitor

DLP sebagai monitor yang mempunyai pengertian paling tinggi. Monitor ini bekerja berdasar konsep piranti micromirror digital atau DMD (digital micromirror devices). Monitor ini mempunyai konsep kerja manfaatkan juta-an micromirrors untuk memodulasi sinar secara digital.Monitor ini sebagai type monitor yang pas untuk pengoreksian video atau gambar. Monitor ini pas dipakai untuk bermain game. Sayang, monitor DLP kurang demikian terkenal.

6. Touchscreens Monitor

8 Jenis Monitor PC
Sama sesuai namanya, monitor ini ialah monitor monitor sentuh. Tehnologi monitor sentuh jadi tehnologi yang terpopuler bersamaan dengan ramainya pemakaian smartphone dan tablet. Pada intinya, monitor sentuh ialah type monitor yang berdiri dengan sendiri dengan tehnologi monitor sentuh.Perubahan seterusnya, piranti monitor biasa, seperti LCD atau LED bisa terpasangkan dengan panel monitor sentuh. Ini membuat kehadiran banyak monitor atau tv LCD atau LED yang memberikan dukungan tehnologi monitor sentuh.Implementasi penyatuan tehnologi monitor sentuh dan panel monitor lain, banyak diketemukan di handphone atau smartphone. Smartphone yang tersebar datang dengan bermacam panel monitor yang semua memberikan dukungan tehnologi monitor sentuh.

7. Monitor Plasma

8 Jenis Monitor PC
Monitor plasma sebagai type monitor yang lain yang dapat disebut termasuk terkenal. Monitor plasma ini ialah type monitor yang menyatukan ide LCD dengan keunggulan kualitas gambar yang bagus dan CRT, yang dikenali mempunyai pemikiran yang luas.Tehnologi itu selanjutnya mendatangkan sebuah piranti monitor yang termasuk tipis, ramping, tapi mempunyai pemikiran yang bagus. Karena itu selanjutnya hadirlah beberapa produk monitor seperti TV plasma.Sayang, piranti monitor ini termasuk boros daya. Disamping itu, tingkat kontrasnya termasuk tinggi. Dan yang terpenting, harga monitor plasma condong mahal.

8. OLED

8 Jenis Monitor PC
Type monitor setelah itu OLED (Organic Light-Emitting Diode). Monitor ini ialah type monitor yang bekerja dengan manfaatkan semikonduktor pemancar sinar yang dibikin dari susunan organik. Monitor OLED ialah type monitor yang termasuk tipis. Sayang, monitor ini kurang demikian terkenal. Harga yang terlampau mahal bisa saja argumen kenapa type monitor OLED atau TV OLED jarang-jarang dilirik beberapa orang.

Nach, itulah tadi 8 Jenis Monitor PC. Mudah-mudahan info ini berguna untuk Anda yang ingin ketahui bermacam tipe monitor.

sumber lengkap : https://www.kiosbarcode.com

untuk info lebih lanjut hub kami ke:

Contact Us :
Kios Barcode

Dan Jangan lupa untuk mengunjungi Channel Youtube kami : https://www.youtube.com/channel/UCOqx7i2ZBnLxWGVh1L5DT4g

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara, Bekasi 17123 Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp (Hubungi CS)
Rp 2.500.000
Rp 3.600.000
Rp 1.700.000
Rp 25.000
Mobile Printer Codesoft HPM 200E

21%

Rp 1.500.000 1.900.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage