Monday, April 3rd 2023.

Cara Konfigurasi IP Address pada Debian 8

Pengertian IP Address
IP Address atau kepanjangan dari Internet Protocol Address yang artinya alamat ip adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai identitas network/jaringan 

Konfigurasi IP Address merupakan salah satu dari hal hal yang harus dilakukan setelahmelakukan installasi server, terutama debian. Sehingga konfigurasi IP address sangat perlu dilakukan , Dalam topologi jaringan tersebut di dalamnya kita Merancang Ip Address untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, Ip address atau Internet protocol address merupakan deretan angka yang menjadi identitas perangkat yang terhubung  internet. Cara Menambahkan / Konfigurasi IP address pada Debian 8 , pastikan kalian sudah siapkan VirtualBox yang sudah di install Sistem Operasi Debian 8.

Langkah-Langkah Konfigurasi Ip Address pada Debian 8:

1. Sebelum Konfigurasi Pastikan Kita mengatur / mengaktifkan adapter pada virtualbox . Pilih menu Network. Ceklis Enable Network Adapter , Lalu pada bagian Attached to pilih Host Only Adapter, kemudian Ok.

Cara Konfigurasi IP Address pada Debian 8

2. Selanjutnya Login sebagai Root, setelah login ketikan perintah

root@server :/# nano /etc/network/interfaces

 

3. Silahkan Masukan Ip Address sesuai dengan topologi yang sudah dibuat, contoh :

Memasukan IP Address pada debian 8:

Cara Konfigurasi IP Address pada Debian 8

simpan dengan cara ctrl + o lalu enter , kemudian ctrl + x untuk keluar.

5. Restart jaringan dengan perintah

root@server :/# /etc/init.d/networking restart

6. Silahkan Cek Ip Address pastikan yang tadi sudah disimpan dan benar dengan perintah

root@server :/#ifconfig

Jika 2 Interfaces eth0 dan lo muncul, konfigurasi telah berhasilLakukan test jaringan menggunakan Ip Address yang kalian daftarkan , Jika yang keluar Tulisan “Reply From 192.168.1.1” berarti antara Windows dengan debian sudah tersambung, tetapi jika yang keluar Tulisan “Requets Time Out” berarti tidak tersambung. Silahkan Cek Kembali Konfigurasi dari awal, apakah sudah sesuai atau belum.

Demikian Artikel Tentang Cara Konfigurasi IP Address pada Debian 8 semoga bermanfaat, Apabila ada yang kurang paham atau ada yang tidak sesuai mohon maaf.  Pastikan anda Membeli Peralatan kasir  di perangkatkasir.co.id yang pasti Original dan sudah terpercaya.

jangan lupa cek Youtube Channel kami:
KiosBarcode

Spesialis Barcode & Alat Kasir
Alamat : Ruko smart Market telaga mas Blok E07 Duta Harapan,
Jl. Lingkar Utara, Bekasi Utara,bekasi 17123
Cs 1
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Cs 2
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp (Hubungi CS)
Rp 1.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 650.000
Rp 3.000.000
Rp 600.000