Friday, September 9th 2022.

Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar

Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar

Mesin kasir digunakan untuk mencatat angka pembayaran dan menyimpan uang tunai yang diterima oleh sepanjang hari kerja. Ada beberapa jenis mesin kasir, termasuk mesin kasir jenis elektronik dan berbagai mesin kasir berbasis komputer lainnya. Untuk itu, kamu pastinya juga perlu mengetahui cara menggunakan mesin kasir sebelum membelinya.

Letakkan mesin kasir dan sambungkan ke daya listrik

 

Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar

 

Kamu bisa meletakkan mesin kasir terlebih dahulu seperti dipermukaan yang keras dan rata. Idealnya, mesin kasir tentunya  diletakkan di atas meja kasir yang cukup luas untuk pembeli meletakkan produk-produk yang akan dibayar.

Setelah itu, kamu bisa sambungkan mesin kasir tersebut langsung ke sumber listrik dan sebaiknya jangan gunakan kabel listrik tambahan.

Pasang baterai mesin 

Baterai memberikan memori cadangan untuk mesin kasir jika terjadi mati listrik, sehingga kamu pastinnya perlu memasangnya sebelum menjalankan program apapun pada mesin kasir.

Bukalah penutup kertas dan tanda terima pembayaran dan temukan tempat baterainya. Mungkin kamu akan membutuhkan sebuah obeng kecil untuk membuka penutup tempat baterai tersebut.

Kemudian pasang baterainya sesuai arah yang tertera pada mesin. Selanjutnya, tutup kembali tempat baterai tersebut. Pada beberapa jenis mesin kasir, biasanya tempat baterai terletak di bawah tempat kertas tanda terima pembayaran. Ganti baterai setiap setahun sekali untuk memastikan bahwa mesin kasir selalu berfungsi dengan baik.

Pasang kertas tanda terima pembayaran

 

Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar

 

Bukalah penutup tempat kertas tanda terimanya pembayaran. Pastikan ujung dari gulungan kertas ini terpotong dengan benar dan lurus agar dapat masuk dengan mudah ke dalam penggulungnya.

Masukkan gulungan kertas ke dalam penggulungnya hingga kertas masuk sampai ke bagian depan mesin kasir, supaya kamu dapat merobek kertas tanda terima pembayaran untuk diberikan kepada pembeli. Tekan tombol FEED agar mesin menyedot kertas tersebut melakukan proses penggulungan.

Buka kunci laci uang pembayaran 

Laci uang ini biasanya memiliki kunci yang bisa mengamankan uang hasil pembayaran dari pembeli. Jagalah agar kunci ini tidak hilang. kamu bisa meletakkan kunci ini di dalam laci uang saat tidak terkunci, supaya kamu dapat menemukannya dan  dengan mudah saat perlu menguncinya.

Menyalakan mesin kasir

Pada beberapa mesin kasir, tombol ON/OFF terletak di bagian belakang atau sisi mesin tersebut. Pada jenis mesin kasir lainnya tentunya, tombol ini terletak pada bagian depan dan atas mesin. Nyalakan mesin kasir, atau putar kunci ke posisi REG (register).

Mesin-mesin kasir jenis baru tidak memiliki tombol secara fisik, namun memiliki tombol MODE. Tekan tombol MODE dan temukan pilihan mode REG atau operational.

Atur program pada mesin kasir kamu 

 

Cara Menggunakan Mesin Kasir dengan Benar

 

Kebanyakan mesin kasir memiliki tombol-tombol yang dapat diprogram untuk mengelompokkan rincian-rincian yang serupa dalam beberapa kategori tersebut.

Kelompok atau kategori ini dapat ditentukan berdasarkan apakah rincian tersebut itu dikenakan pajak atau tidak. kamu juga bisa melakukan pengaturan tampilan tanggal dan waktu anda.

Fungsi pemrograman biasanya dapat diakses dengan cara memutar tombol ke pilihan PRG atau P, atau dengan menekan tombol mode ke arah PROGRAM.  Beberapa mesin kasir biasanya memiliki tuas manual yang terletak di bawah penutup kertas tanda terima pembayaran. Tuas ini dapat dipindahkan ke pilihan Programnya.

Kebanyakan mesin kasir biasanya memiliki sedikitnya 4 tombol pajak. Tombol-tombol ini dapat diprogramkan untuk berbagai tarif pajak, berdasarkan apakah kamu dikenakan tarif pajak atau penjualan tetap (seperti yang berlaku di beberapa tempat) atau kamu dikenakan tarif pajak dengan sistem tertentu (misalnya, GST, PST, atau VAT, tergantung lokasi Anda).  Ikuti instruksi spesifik pada buku panduan mesin kasir kamu tersebut untuk melakukan pemrograman berbagai fungsi.

demikian cara mengggunakan mesin kasir dengan benar buat kalian yang mau memulai bisnis.

Untuk informasi produk Cash Register yang lebih jelasnya silahkan anda hubungi kami dapatkan HARGA SPECIAL !!! :
klik disini untuk melihat produk kami lainnya.

View larger map kios barcode

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

CS1
– Telp/SMS/WA : 081369101014

CS2
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 13.500.000
Rp 1.500.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 4.950.000
Rp 11.900.000