Tuesday, April 14th 2020.

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

VGA adalah komponen komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk mengubah output (keluaran) komputer ke monitor. VGA rusak, biasanya akan memunculkan gejala-gejala tertentu, dan tidak langsung rusak.

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

Ada orang yang langsung menemui gejala parah, tapi ada juga orang yang menemui gejala-gejala ringan tertentu yang mungkin akan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Berikut adalah ciri-ciri VGA rusak:

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

1. Driver Sering Stopped Working

Masalah ini adalah salah satu tanda kerusakan awal VGA yang melemah. Driver yang stopped working ini terjadi karena fungsi dari VGA sudah tidak berjalan dengan normal.

Tetapi Driver Stopped Working ini bukan berarti VGA mau rusak. Kemungkinan VGA tersebut mengalami BUG atau semacamnya.

Untuk cara mengatasinya kalian bisa update driver VGA kalian yang versi terbaru.

2. Performa Melemah

Biasanya VGA yang mau rusak akan memunculkan ciri ini. Performa melemah yang dimaksud disini ialah PC atau Laptop benar-benar mengalami lag ketika sedang menjalankan task tertentu.

Terutama seperti edit video, memutar video atau game.

VGA yang sudah mau rusak, akan sering mengalami yang namanya lag, macet-macet bahkan hang ketika kalian sedang menjalankannya untuk pekerjaan yang berbungan dengan grafis seperti diatas.

performa melemah ini biasanya dibarengi dengan driver yang crash seperti pada poin sebelumnya.

3. Muncul Artefak

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

Artefak, adalah salah satu ciri umum sekaligus salah satu kerusakan yang susah ditangani. Gejala artefak, adalah kondisi dimana gambar pada display muncul objek-objek atau texture tertentu.

Biasanya berupa garis, bercak-bercak berwarna, bahkan gambar semu.

Artefak ini biasanya muncul pada VGA yang sudah berumur lama dalam jangka pakainya. Bukan hanya VGA yang sudah berumur saja. Bahkan VGA baru pun rentan terkena artefak kalau VGA tersebut sering berjalan pada performa tertinggi namun tidak diselingi cooler yang memadai sehingga menyebabkan Overheat.

4. No Display

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

Selanjutnya No Display , biasanya VGA yang mau rusak mengalami no display atau VGA tersebut tidak nampil di monitor.

No Display adalah salah satu tanda VGA rusak, bukan berarti no display ini  hanya disebabkan oleh VGA yang rusak. Ada beberapa kemungkinan part lain yang mungkin menyebabkan no display.

5. VGA Tidak Berjalan Sama Sekali

Menurut saya ini yang paling parah VGA tidak berjalan sama sekali atau Matot. Biasanya terjadi karena kerusakan final dari VGA yang mengalami 4 gejala kerusakan seperti yang dibahas diatas.

VGA yang tidak berjalan ini dapat dilihat kipasnya. Jika VGA sudah dalam kondisi ini, maka bisa dipastikan VGA sudah tidak akan terdetek sama sekali atau Matot.

Pembahasan selanjutnya, adakah solusi untuk mengatasi VGA rusak?

Untuk solusi tentunya ada. Jika sobat mengalami kerusakan seperti nomor 1 sampai 3 diatas, sobat bisa mengatasinya dengan mengurangi beban kerja VGA tersebut.

Caranya dengan tidak digunakan bermain game berat yang dapat membebani VGA, serta melakukan penurunan clockspeed agar VGA selalu berjalan dibawah performa normal.

Untuk VGA kalian yang mengalami kerusakan parah seperti No Display atau bahkan tidak terditeksi sama sekali, Kalian dapat klaim garansi VGA tersebut.

Nah itu dia artikel mengenai ciri-ciri vga yang mengalami kerusakan. Semoga bermanfaat untuk anda dan Terima Kasih sudah berkunjung!

Ciri-ciri VGA mengalami kerusakan

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

 

Rp 2.950.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 3.500.000
Rp 55.000
Rp 3.900.000
Rp 11.300.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage