Monday, May 11th 2020.

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa prosesor memang disebut sebagai otaknya komputer. Dan komponen ini juga sangat penting untuk membuat komputer dapat bekerja. Umumnya processor bisa juga disebut dengan microprocessor atau CPU(Central Procsessing Unit). Dan fungsi utama dari Processor yaitu memproses Perhitungan Arithmatical Logical Unit (ALU), Control Unit (CU) dan pemrosesan sistem.

Prosesor sudah banyak diproduksi oleh berbagai produsen teknologi, dengan berbagai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Setiap produsen tentu saja memiliki berbagai macam seri produk, keunggulan serta harganya masing-masing.

Setiap produk tentu juga mengeluarkan berbagai socket di setiap peluncuruan prosesor barunya.

pengertian Socket adalah tempat dudukan atau tancapan pada motherboard. Dudukan ini berbentuk persegi empat dengan lubang-lubang kecil tempat melekatnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. adalah Socket sebagai konektor atau pengubung antara motherboard dengan prossesor.

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket, penghubung, atau konektor ini ternyata memiliki berbagai macam jenis. Intel dan AMD merupakan pabrikan yang telah meluncurkan banyak sekali socket yang berbeda untuk produk-produk prosesor mereka. berikut ini adalah jenis-jenis socket prosesor yang harus anda diketahui:

Socket Prosesor AMD

1. Socket 462

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Pada tahun 2000an , AMD untuk yang pertama kali meluncurkan socket prosesor yaitu Socket seri 462 . Socket ini memiliki 462 buah pin konektor dan dirancang untuk prosesor AMD seri Athlon XP, Duron, dan Sempron. socket buatan AMD yang pertama ini memiliki keunggulan dibandingkan socket seri 423 milik Intel yang dibuat pada tahun yang sama. Kelebihan antara lain lebih berumur panjang ketimbang socket 423 milik Intel. Terbukti socket ini telah digunakan semenjak genereasi Athlon. Dan Athlon memiliki lima generasi antara lain Barton, Thoroughbred, Palomino, AthlonXP, & Thunderbird. Selama generasi itu, socket 462 masih dipercaya menjadi konektor prossesor.

2. Socket 754

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Meskipun sudah bertahan lama, tetap saja seiring berkembangan zaman socket 462 dinilai sudah ketinggalan zaman & sudah tidak efektif lagi digunakan untuk prosesor dan komputer modern. Setelah berakhirnya era 462, AMD kembali meluncurkan socket 754 atau juga biasa disebut dengan generasi K8. hadirnya teknologi ini ternyata khusus untuk prosesor kelas low end, bahkan semua prosesor generasi K8 pernah menggunakan jenis socket 754. yaitu prosesor Athlon 64 dan Sempron K8 merupakan diantara prosesor AMD yang pernah menggunakan socket.

3. Socket 939

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Jika 754 digunakan untuk prosesor kelas low-end, maka socket versi 939 lebih dikhususkan untuk prosesor mid-high / menengah ke atas. Teknologi yang ada pada socket 939 cukup lebih modern dibanding dengan socket 754. Bahkan socket ini telah mendukung memori DDR2 yang dirasa lebih modern pada masa itu, serta telah digunakan oleh prossesor AMD sekelas Athlon64 generasi yang lebih baru yakni Venice & diatasnya, pun juga Athlon64 X2, Athlon Fx, Opteron, & dll. Namun sangat disayangkan PC yang menggunakan socket ini pada saat itu sangat mahal sehingga sedikit peminatnya. Karena alasan tersebut socket 939 tidak diproduksi begitu lama. Justru pihak AMD merilis socket baru yakni AM2.

4. Socket AM2

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket AM2 dilrilis pasca versi 939 dirasa tidak efektif lagi menunjang prosesor komputer. & socket ini dibuat dengan harapan bisa digunakan untuk semua prosesor atau istilahnya bersifat universal, sekaligus agar berumur panjang. AM2 ialah masa dimulainya revolusi socket yang dibuat pihak AMD. Pada saat ini jugalah socker AM2 dihadirkan untuk memudahkan konsumen, yang mana ketika pengguna ingin melakukan upgrade komponen tidak harus mengganti motherboard. Karena prosesor & motherboard tidak terisolasi seperti versi sebelumnya. Yaitu Athlon64 generasi Orleans ke atas, Athlon X2 ke atas, Athlon FC, & Sempron generasi Manila ke atas merupakan prosesor yang telah menggunakan socket AM2 ini.

5. Socket AM3

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket AM3 telah mendukung memori DDR3 dan Hypertransport hingga 3200 MHz.  diciptakan di era PC modern yang menggunakan prosesor AMD seri 8xx, bahkan telah kompatibel dengan prosesor Phenom II, Athlon II, &Sempron. Namun menariknya, prosesor socket AM2 ternyata tidak bisa digunakan untuk socket jenis AM3.

6. Socket AM4

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket AM4 merupakan versi terbaru yang diluncurkan oleh AMD & sudah mendukung memori DDR4. & kompatibel dengan prosesor seri FX / seri APU terbaru dengan arsitektur AMD yang baru juga tentunya.

Itu dia pembahasan kali ini mengenai Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya, Semoga Bermanfaat untuk anda dan saya ucapkan Terima Kasih sudah berkunjung!

Jenis-jenis Socket Processor AMD

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

Rp 3.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.250.000
Rp (Hubungi CS)
best
Barcode Scanner Postronix 2D Pro

16%

Rp 2.950.000 3.500.000
Rp 3.500.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage