Tuesday, January 31st 2023.

Mengenal Jenis-Jenis Barcode

Mengenal Jenis-Jenis Barcode

Barcode adalah simbol grafis yang terdiri dari garis-garis yang kita perlu mengenal jenis-jenis dari barcode tersebut. Ada beberapa jenis barcode yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pemasaran produk, pengiriman, dan inventarisasi. Berikut adalah beberapa jenis barcode yang sering digunakan:

  1. Code 128. Jenis barcode yang sering digunakan dalam aplikasi logistik dan pemasaran produk. Mampu menyimpan lebih banyak informasi dibandingkan jenis barcode lainnya.
  2. QR Code. Jenis barcode yang dapat dipindai dengan cepat dan mudah menggunakan ponsel. QR code biasanya digunakan untuk promosi dan pemasaran produk.
  3. Code 39. Jenis barcode yang digunakan untuk identifikasi produk dalam industri manufaktur dan logistik.
  4. EAN/UPC. Jenis barcode yang digunakan untuk identifikasi produk pada skala nasional dan internasional.
  5. Data Matrix. Jenis barcode yang mampu menyimpan informasi lebih banyak dibandingkan jenis barcode lain. Biasanya digunakan dalam aplikasi manufaktur dan logistik.
  6. ITF-14. Jenis barcode yang digunakan untuk pengiriman produk dan identifikasi produk dalam jumlah besar.

 

Faktor yang Perlu Diperhatikan

Setiap jenis barcode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting untuk memahami dan memilih jenis barcode yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis barcode:

  1. Kapasitas penyimpanan data. Beberapa jenis barcode hanya bisa menyimpan sedikit informasi, sementara yang lain bisa menyimpan informasi yang lebih banyak.
  2. Kelancaran pemindaian. Beberapa jenis barcode mudah dipindai dengan ponsel atau scanner, sementara yang lain memerlukan peralatan khusus untuk dipindai.
  3. Ukuran barcode. Beberapa jenis barcode memerlukan ukuran yang besar untuk menyimpan informasi, sementara yang lain bisa menyimpan informasi dalam ukuran yang kecil.
  4. Kompatibilitas perangkat. Beberapa jenis barcode hanya bisa dipindai oleh perangkat tertentu, seperti scanner khusus, sementara yang lain bisa dipindai dengan mudah menggunakan ponsel.
  5. Kemudahan penggunaan. Beberapa jenis barcode mudah digunakan dan diprint, sementara yang lain memerlukan software khusus untuk membuat dan mencetak barcode.

 

Memahami jenis-jenis barcode dan faktor-faktor yang mempengaruhinya akan membantu bisnis memilih jenis barcode yang sesuai dengan kebutuhan dan memastikan bahwa informasi produk dan logistik dapat dikelola dengan efisien.

 

Tags:

#perangkatkasir #kasir #perangkat #komputerkasir #komputerkasirminimarket #minimarket #printer #printerkasir #barcodeprinter #barcode #barcodescanner #softwarekasir #software #jualkomputer #jualkomputerkasir #jasapasangmesinkasir #mesinkasir #cashdrawer #mesinantrean #jualmesinantrean #sewamesinantrean #kertasstruk #mesinstruk

 

Kami menyediakan berbagai perangkat kasir yang tentunya bisa menunjang usaha bisnis atau segala keperluan lainnya. Pastinya, bisa didapatkan dengan harga yang pas di kantung Anda!

Demikian konten kali ini yang dapat kami sajikan, ikuti kami terus untuk mendapatkan informasi seputar perangkat kasir, mesin antrean, hingga perangkat elektronik lainnya!

Kontak Kami

Kunjungi laman sosial media kami!

Lihat alamat kami via Google Maps (Kios Barcode)

Store: Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)

Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan

Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi, 17123 Telp. (021)8838 2929

  • Idha– Telp/SMS/WA : 081369101014
  • Widdy– Telp/SMS/WA: 081259417100
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.500.000
Rp 1.600.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 3.800.000
Rp 550.000