Friday, July 7th 2023.

Mengenal Jenis-jenis Printer Barcode dan Kelebihannya

Printer barcode merupakan perangkat yang penting dalam dunia bisnis modern. Mereka digunakan untuk mencetak barcode yang kemudian dapat dipindai untuk mengidentifikasi produk, mengelola inventaris, dan mempermudah proses penjualan. Namun, ada berbagai jenis printer barcode yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Artikel ini akan membahas jenis-jenis printer barcode yang umum digunakan dan mengungkapkan kelebihan utama masing-masing jenisnya.

 

Printer Barcode Thermal Direct:

Printer jenis ini menggunakan teknologi panas untuk mencetak barcode langsung pada label termal. Mereka tidak memerlukan tinta atau ribbon, sehingga lebih hemat biaya dan lebih mudah dalam pengoperasian. Printer barcode thermal direct ideal untuk pencetakan label sementara dengan volume yang relatif kecil.

 

Printer Barcode Thermal Transfer:

Berbeda dengan thermal direct, printer barcode thermal transfer menggunakan ribbon termal untuk mentransfer tinta ke label. Hasil cetakan lebih tahan lama dan tahan terhadap panas, cahaya, dan goresan. Printer jenis ini cocok untuk aplikasi yang membutuhkan ketahanan label dalam jangka waktu yang lama.

 

Printer Barcode Inkjet:

Barcode printer ni menggunakan tinta untuk mencetak barcode pada berbagai jenis media. Mereka sering digunakan dalam lingkungan kantor dan toko ritel yang membutuhkan fleksibilitas dalam pencetakan barcode.

Printer Barcode Laser:

Printer barcode laser menggunakan sinar laser untuk membakar atau mencetak barcode pada label atau kartu. Mereka biasanya digunakan untuk pencetakan barcode pada permukaan yang lebih keras seperti logam atau plastik yang tahan lama. Printer laser memberikan kecepatan dan ketepatan tinggi, membuatnya cocok untuk aplikasi industri yang membutuhkan kecepatan dan akurasi dalam pencetakan.

 

Printer Barcode Portable:

Juga dikenal sebagai printer seluler atau handheld, memungkinkan pencetakan barcode di tempat yang jauh dari komputer atau stasiun kerja tetap. Mereka mudah dibawa dan umumnya terhubung melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Printer portable sangat berguna dalam situasi di mana mobilitas dan kecepatan pencetakan diperlukan, seperti dalam inventarisasi di lapangan atau pengiriman barang.

 

Dalam memilih jenis printer barcode yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda. Faktor-faktor seperti volume pencetakan, lingkungan kerja, tipe media yang akan digunakan, serta anggaran harus dipertimbangkan. Dengan memilih printer barcode yang sesuai, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan akurasi inventaris, dan meningkatkan produktivitas bisnis Anda secara keseluruhan.

 

Pastikan anda Membeli Peralatan Kiosbarcode di kiosbarkcode.com yang pasti Original dan sudah terpercaya

 

Jangan lupa cek Youtube Chanel Kami

 

Jalan Lingkar Utara Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan, RT.001/RW.011, Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bks, Jawa Barat 17123

 

CS 1

-Telp/SMS/WA: 081369101014

CS 2

-Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 12.000.000
Rp 1.900.000
Rp 12.500.000
Rp 2.250.000
Rp 3.300.000
Rp 4.650.000