Tuesday, March 31st 2020.

Penyebab Laptop Blue Screen dan solusinya

1. Driver Mengalami Kerusakan

Penyebab  Blue Screen ini umumnya menyertakan pesan “IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL” dengan kode “0X0000000A” atau pesan “VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE”. Penyebab laptop Blue Screen ini umumnya disebabkan sistem operasi tidak membaca dengan baik perangkat baru yang dihubungkan sehingga driver yang secara manual / otomatis instal mengalami kerusakan.

Penyebab Laptop Blue Screen

Hardware (perangkat keras) bisa menjadi Blue Screen, jika kamu menggunakan komputer PC & mengupgrade salah satu komponen (misalnya VGA Card) biasanya kamu diminta untuk update driver. Driver dimaksudkan untuk “mengenalkan” perangkat keras yang baru saja dipasang kepada sistem operasi sehingga sistem operasi dapat mengenali perangkat tersebut sesuai dengan fungsinya. Jika driver dan sistem yang kamu install tidak cocok maka ada terjadi kerusakan atau eror.

Solusi: Pastikan install driver hardware kamu yang sesuai lalu coba copot dan pasang ulang VGA card serta Audio card kamu, dan jangan lupa pastikan telah terpasang dengan benar.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Masalah laptop Blue Screen ini terdapat kerusakan di partisi atau file systemnya. Namun bukan berada di hardsik.

Solusi: Periksa SATA/IDE apakah sudah terpasang dengan benar apa belum dan cek partisi hardisk dengan chkdsk

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebab laptop Blue Screen :

· Overheat ( suhu pada laptop terlalu panas )

· Overclocking yang berlebihan

· Processor yang corrupt

· BIOS yang corrupt

Solusi: Kamu dapat mematikan (shutdown) laptop terlebih dahulu lalu cek apakah sistem pendingin atau kipas bekerja dengan baik. Jika bermasalah coba tambahkan komponen pendingin.

4. DATA_BUS_ERROR

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah slot atau memory ( RAM ) terdapat kerusakan

Solusi: Ganti RAM yang lama dengan RAM yang baru

Macam Blue Screen pada Laptop

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadi kerusakan pada hardware, utamanya pada Memory (RAM), VGA, dan memory pada processor (L2 cache).

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

laptop Blue Screen ini bisa juga terjadi karena posisi jumper pada hardisk yang salah lalu bisa juga karena Driver IDE controller yang salah & Virus Boot sector.

Solusi: Periksa kondisi kabel IDE , bersihkan virus pada boot sector dan atur kembali jumper pada hardisk

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah terjadinya kesalah pada saat installasi driver VGA kamu.

Solusi: Instal ulang driver VGA kamu, pastikan dengan driver yang sudah ter-update.

8. BAD_POOL_CALLER

Penyebab laptop Blue Screen ini adalah kesalahan pada saat installasi OS

Solusi: Pastikan kaset CD installer tidak rusak atau corruptcara terakhir untuk memperbaiki bluescreen adalah dengan menginstall ulang laptop. pastikan CD windows atau ISO tidak corrupt, jika setelah install ulang  tidak perubahan, kemungkinan besar terjadi kerusakan pada hardware.

Cara Mengatasi Blue Screen

· System Restore

Jika Blue Screen baru saja terjadi pada laptop anda maka sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. menghasikan laptop kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Jika system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi penyebabnya kesalahan software.

· Scan Malware

Malware yang menembus ke sistem Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling biasa di Windows dapat menyebabkan tidak setabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

· Install Update Driver

Driver yang salah instal atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru atau yang paling cocok dari hardware laptop anda, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD.

· Boot ke Safe Mode

Jika komputer anda mengalami BSOD ketika dinyalakan, kamu bisa masuk ke Safe Mode. Pada mode Safe Mode ini, Windows hanya mengambil driver yang penting. Jika kamu salah atau tidak sengaja menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan mode Safe Mode kamu dapat menguninstallnya.

· Periksa Masalah Hardware

Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari laptop. solusinya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin laptop anda terlalu panas dan kekurangan fan.

·Install Ulang Windows

Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang laptop kamu. Dengan cara seperti ini, sistem akan terbangun dari awal  & tidak akan ada kerusakan. Jika anda tetap mengalami Blue Screen berarti masalahannya ada di hardware.

Nah, itu dia pembahasan kali ini mengenai Laptop Blue Screen dan Solusinya. Semoga bermanfaat untuk anda dan Terima Kasih sudah berkunjung!

Penyebab Laptop Blue Screen

View Kios Barcode in a larger map

Contact Us :
Kios Barcode
Alamat : Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha

Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy

Telp/SMS/WA: 081259417100

Kunjungi channel Youtube kami: https://www.youtube.com/KiosBarcode/

Baca Artikel menarik lainnya: https://www.kiosbarcode.com/blog/

.

Rp 50.000
Jual ZSA 2820 Mesin Hitung Uang

7%

Rp 3.900.000 4.200.000
Rp 29.000.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp 5.000.000