Thursday, January 13th 2022.

Perbedaan Printer Kasir Dot Matrix dan Thermal

Jika anda yang ingin menggunakan printer kasir untuk keperluan bisnis, anda perlu tahu dulu fungsi dan kegunaan dari masing-masing printer. Ada dua printer kasir yang dijual di pasaran, printer kasir dot matrix dan printer kasir thermal. Masing-masing printer memiliki kelebihan dan kekurangan, serta cara kerja yang berbeda. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberi tahu anda perbedaan dari printer kasir dot matrix dan printer kasir thermal. Supaya anda punya gambaran dan tidak kebingungan dalam membeli printer kasir. Tanpa berlama-lama langsung saja kita bahas satu persatu perbedaan dari printer kasir dot matrix dan printer kasir thermal.

  • Cara Kerja

Seperti yang kami sebutkan di awal, printer dot matrix dan printer thermal memiliki cara kerja yang berbeda untuk mencetak. Untuk printer dot matrix, printer ini bekerja mirip seperti mesin ketik dengan menggunakan pita dan jarum besi yang akan menghasilkan cetakan tulisan berdasarkan dokumen yang di print. Sedangkan untuk printer thermal, menggunakan energi panas yang dihasilkan dari si printer yang bisa menghasilkan tulisan-tulisan.

  • Pita dan tanpa pita

Untuk printer dot matrix, dia menggunakan pita khusus bernama ribbon yang dipasang di dalam printer sehingga tidak perlu ada tinta di bagian luar printer. Sedangkan untuk printer thermal dia tidak menggunakan pita maupun tinta untuk mencetak.

  • Cara merawat printer

Perbedaan printer kasir thermal dan printer kasir dot matrix dari segi perawatan hampir sama. Yang membedakan, printer kasir thermal memiliki perawatan yang jauh lebih mudah. Anda hanya perlu rajin membersihkan body printer serta elemen thermal dari debu dan kotoran memakai alkohol. Sedangkan ketika memakai printer kasir dot matrix, anda harus mengganti pita tinta ketika sudah mulai kering.

  • Suara yang dihasilkan

Jika anda ingin menggunakan printer kasir yang minim suara, silahkan gunakan yang thermal. Karena saat anda menggunakan printer kasir thermal, suara yang dihasilkan nyaris tidak ada sehingga anda bisa fokus bekerja. Sedangkan untuk printer kasir dot matrix, lebih berisik saat digunakan.

  • Kecepatan cetak

Printer kasir dot matrix memiliki kecepatan mencetak sebesar 50 milimeter per-detik. Sedangkan printer kasir thermal memiliki kecepatan mencetak yang jauh lebih cepat, yakni 250 milimeter per-detik.

Setelah kami menjelaskan perbedaan dari kedua printer ini, semuanya balik lagi ke anda. Ingin membeli printer kasir yang mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Kedua printer kasir memiliki keunggulannya masing-masing, tidak ada yang tidak bermanfaat. Pertimbangkan lah secara matang sebelum anda ingin membeli printer kasir

Itu dia beberapa perbedaan dari printer kasir dot matrix dan printer kasir thermal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan sampai jumpa di artikel kami selanjutnya.

Contact us on :

Kios Barcode

Store:
Kios Barcode (spesialis barcode dan alat kasir)
Ruko Smart Market Telaga Mas Blok E07 Duta Harapan
Jl. Lingkar Utara – Bekasi Utara, Bekasi 17123
Telp. (021)8838 2929

Idha
– Telp/SMS/WA : 081369101014

Widdy
– Telp/SMS/WA: 081259417100

Rp 2.250.000
Rp 700.000
Rp 1.800.000
Rp 1.100.000
Rp 2.950.000
Jual Printer Passbook Epson PLQ 20 Murah dan Bergaransi Resmi

4%

Rp 8.500.000 8.900.000
paket komputer kasir siap pakai

Pengiriman

Facebook Fanpage